Gallery

Ayam Rica-Rica ala Tukang Makan, Cicilia

Sudah lama  sekali tidak update tentang makanan di blog ini. Kali ini, saya akan berbagi sebuah resep andalan rahasia (hanya untuk  kawan, saya berbagi) untuk semua pembaca yang budiman. Setelah banyak permintaan yang ingin tahu rahasia resepnya. Untuk kali ini, saya ketik di keyboard notebook  saja biar nanti gampang share dengan kawan-kawan yang lain.

Nama masakan ini adalah ayam rica-rica. Ini salah satu dari sekian banyak makanan kesukaan saya. Saking sukanya, saya sampai mantengin si abang-abang jualan di Pondok (salah satu surga kuliner di kota Padang) untuk melihat cara memasaknya. Sebenarnya, saya tidak tahu persis bumbu-bumbu apa saja yang dia gunakan. Tetapi berdasarkan pengalaman rasa di lindah, panca indera yang lain, maka saya mencoba mengotak-atik resep ayam rica-rica versi Pondok ini. Awalnya saya sangat betah berlama-lama nugguin didepan tungku kompor abang-abang tukang masaknya (alias chef). Saya curilah cara memasaknya, (mungkin ngak separah plankton yang mau resep krapy patty nya sponge bob ya). Dengan seksama saya perhatikan si chef. Tak berkedip mata saya memandangnya (walah saya gagal fokus) Sampai detik ini pun, saya masih suka beli ayam rica-rica disana. Dan saya tahu, jika si chef yang masak  lagi mood atau tidak, chefnya masih yang lama atau sudah ganti. Detailnya, saya suka komplain ke pak kasir nya “kok ayam rica-ricanya ngak seperti yang dulu ya,??” (jangan-jangan saya yang suka galau ngak bisa move on, jadi masih suka ingat rasa yang lama, waduhhh)

Yang perlu kawan-kawan pembaca ingat, saya sudah mencoba memasaknya berkali-kali. Saya juga sudah mengundang berbagai macam orang untuk mencoba versi ayam rica-rica ini. Mulai dari teman kuliah, teman hang out, karib-kerabat, kawan, lawan, orang lokal sampai mancanegara. Semua nya sih suka pake bangetssss. Pedasnya mantep, gurihnya pas dan ada kombinasi manis-pedas-asam. Rasa yang dominan adalah pedas, tapi ketika di lidah semua rasa itu sudah berkombinasi sempurna. Perfecto -, numero uno. Saya jadi agak lebay deh kalau sudah menceritakan tentang resep yang satu ini. Resep ini sebenarnya juga sudah diuji oleh beberapa sahabat saya yang baru menikah (mereka niat buat nyenangin suami), sahabat saya yang akan menikah (mereka masih dalam tahap belajar memasak), dosen, teman perjalanan bahkan resep ini pernah diuji oleh kawan bukan lokal.

Nah daripada saya kebanyakan ngoceh lebih baik kawan-kawan ambil pena dan kertas kecil, catat bahan dan cuz kepasar pergi belanja bahan. Jika ngak sekarang, kapan lagi!!

Disini ada dua proses, pertama membuat ayam goreng renyah ala kentucky. Kalau disini biasanya saya pake tepung bumbu racikan rimbozz, ini saya tinggal ambil saja di toko dipasar (lebih teptnya meminta kepada Mama saya). Kenapa saya pake rimbozz, karena ini adalah racikan tepung ayam goreng buatan lokal anak Padang. Krenyes nya pas dan rasanya nampol mantapzz. Jika saya beli ayam satu ekor, trus minta tolong ke abang-abang tukang ayam untuk potong ayamnya menjadi 50 bagian (ngak harus dihitung  satu-satu juga kali). Kira-kirain aja, kalau besar potongannya sebesar dua ruas jari. Jadi potongan ayamnya itu pas masuk mulut sekali lahap lah ya.  50 potongan dicuci bersih dan dibuang airnya. Didalam rimbozz itu, ada bumbu marinatenya. Lumurkan bumbu tersebut ke potongan ayam dan masukan ke frezeer. Biarkan bumbu rendaman meresap kepori-pori ayam. Tepung bumbu ayam rimbozz itu dibagi dua nantinya, satu buat adonan kering dan satu adonan basah. Untuk adonan basah ambil tepung secukupnya dan tambahkan air es secukupnya, jangan keenceran dan jangan ketebalan  kekentalan ya. Ambil satu potongan ayam yang telah dimarinatekan tadi, celupkan ke adonan basah, setelah itu gulingkan potongan ayam ke adonan kering. Setelah dari adonan kering, celupkan potongan tersebut ke dalam air es, angkat dan gulingkan lagi kedalam adonan kering. Jadi potongan ayamnya dua kali kena basah dan dua kali kena kering (biar impaskan). Ini sebanrnya untuk membuat kerak ayamnnya. Masukan ke dalam minyak yang banyak dan cukup panas (untuk menggoreng ayam kentucky itu harus deep fry (tergenang) ya, kalo ngak ntar ngak krispy). Goreng semua potongan ayam dan sisihkan.

Proses kedua, adalah membuat saus rica-ricanya. Bahan-bahan yang harus disiapkan, dibeli adalah bawang-putih, bawang-bombay, cabe-rawit, cabe-hiju, cabe-merah, jahe satu ruas, daun jeruk, saus tiram, kecap ikan, tepung maizena, daun bawang, garam, dan gula,

Pertama tumislah bawang putih yang sudah digeprek dan dicincang halus sampai wangi dan baunya keluar. Kemudian masukkan potong bawang bombay (untuk ukuran potongan  terserah yang mau buat, boleh panjang, dadu kecil kecil atau tak beraturan). Tambahkan kecap ikan, potongan cabe-rawit,cabe-hijau dan cabe-merah (cara potongnya adalah potong kecil-kecil, mungkin sebesar seperempat ruas jari). Tambahakan potongan jahe dan daun jeruk. Tumis hingga agak layu. Tambahkan air secukupnya. Kemudian masukkan gula dan saus tiram. Aduklah hingga rata dan memberikan rasa yang pas sesuai imajinasi lidah kawan-kawan . Kemudian kocok maizena dengan air diwadah yang berbeda, untuk mengentalkan kuahnya, dan masukkan ke kuah yang tadi. Aduklah hingga kekentalan nya cukup menurut kawan. Tambahkan daun bawang dan garam secukupnya.

Nah Jadilah saus rica-rica kawan-kawan. Siramlah saus rica-rica diatas ayam goreng kentucky yang telah digoreng tadi. Selamat mencoba ya, memang saya tidak memberikan persisi takaran untuk bahannya. Saya ingin  kawan-kawan mengikuti naluri dan rasa lidah. Hmmm bagaimana hasilnya nanti…..who knows????. Selamat bereksperimen didapur kawan-kawan:)

Ps: percaya atau tidak saya tidak ada satupun koleksi foto gambar ayam rica-rica yang telah saya buat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s