Wisata alternatif- Ke Taman Kota Monas Bersama Keluarga-

Di Jakarta terdapat beberapa taman kota seperti Taman Menteng, Taman Monas, Taman Suropati, Taman Situ Lembang, Taman Barito, Taman Marta Tiahahu dan lainnya.   Tidak begitu banyak terdapat taman-taman kota, mungkin bisa dihitung dengan jari saja jika dibandingkan dengan perkembangan pesat mall dan pusat perbelanjaan yang hampir merambah kepinggiran kota Jakarta. Secara ekologi taman kota berperan dalam menjaga kualitas lingkungan kota. Pepohonan yang terdapat disekitarnya dapat menjaga keseimbangan ekologis, pepohonan menjadi penyaring udara yang dihasilkan oleh knalpot-knalpot kendaraan, dan sebagai filter pencemaran gas lainnya. Dan banyaknya pepohanan memberikan kontriusi pelepasan O2 yang dibutuhkan oleh manusia untuk bernafas. Secara fungsi hidrologis, taman kota merupakan daerah resapan air dan mereduksi potensi banjir. Banyaknya pepohonan mengakar dapat meresap air kedalam tanah sebagai cadangan air tanah. Hal ini berarti meningkatkan pasokan air bersih untuk dikonsumsi oleh masyarakat. Secara estetika, taman kota dapat mempercantik tampilan suatu kota dan merupakan perlambangan diri kota tersebut. Dan taman kota menjadi penting karena ikut berperan serta didalam pengembangan budaya kota, pendidikan dan menjadi pusat kegiatan masyarakat. Ruang hijau ditaman kota dapat membantu melepas jenuh dan memberikan ketenangan tersendiri.

Image

Image Peminat taman kota tidak sebanding dengan peminat mall. Karena mall memiliki fasilitas yang lebih lengkap dan beragama macam penawaran yang lebih menarik. Kenapa orang ingin pergi ketaman kota dan apa saja yang bisa mereka lakukan pun menjadi suatu hal yang bisa dipertanyakan. Suatu ketika aku tidak sengaja duduk agak berlama-lama disebuah taman kota di Jakarta,  di Taman Monas. Taman ini terletak di jantung kota Jakarta dan merupakan salah satu taman terluas  di tengah taman yang terdapat monumen nasional yang dibangun pada tahun 1963. Ide pembuatan taman ini sudah dimulai oleh Gubenur Jendral Belanda Herman William Daendels 1870 dan selesai pada tahun 1910 diberi nama Koningsplein. Terdpat 33 pohon yang melambangkan 33 provinsi di Indonesia dan beberapa ekor rusa. Sedangkan Aku menghabiskan waktu beberapa jam untuk sekedar melihat apa yang dilakukan orang-orang di taman kota, mungkin ada sesuatu yang menarik.

Image

Bagi keluarga, pilihan wisata ketaman kota merupakan alternatif wisata yang hemat dan dapat menghabiskan waktu untuk berkumpul bersama anggota keluarga. Anda dapat berpiknik dan bertamasya di taman kota. Para orang tua dapat mempersiapkan bekal dari rumah untuk dinikmati bersama. Wisata ke taman kota dapat menjadi sarana edukasi bagi anak-anak yang dapat dilakukan oleh orang tua. Seperti orang tua dapat mengajarkan anak-anaknya untuk membuang sampah pada tempatnya. Hal ini dapat ditekankan dari dini oleh ornag tua. Karena beberapa jam saya duduk di taman kota, masih banyak orang yang membuang sampah tidak pada tempatnya. Padahal  terdapat beberapa tempat sampah didekat mereka yang telah disediakan.

Image

Di taman kota terdapat berbagai jaajanan khas dan tradisional Indonesia. Seperti di sini, terdapat kerak telor, sate, cimol, dan beragam jajanan lainnya. Orang tua dapat mengenalkan kepada anaknya keanekaragaman jajanan tradisional yang dimiliki Indonesia. ketika selesai makan pun mereka dapat mengingatkan kembali bahwa mereka harus membuang sampah jajanan mereka pada tempat yang telah disediakan.

Ditaman kota juga terdapat arena bermain anak-ana seperti seluncuran, ayunan, jungkat jungkit dan panjataan. Beragam permaianan fisik yang dpaat dilakukan anak-anak, sehingga otot-otot motorik merek lebih berkembang ketimbang hanya berliburan dirumah saja sambil bermain playstasion kesukaan mereka.

Taman bermain juga merupaka tempat yang tepat untuk belajar dan diskusi kelompok. Anda dapat menikmati membaca buku dibawah pepohonan ditambah hembusan angin. Orang tua dapat belajar bersama anak-anaknya.  Atau para guru dapat sesekali memindahakan ruang kelasnya ketaman kota. Memepelajari pelajaran tidak hanya dapat dilakukan di ruang kelas tetapi dapat dinikmati di taman.

Nah tidak ada salahnya sesekali mengajak buah hati ke taman kota dan menghabiskan waktu bersama. Rasakan kedekatan dengan sibuah hati. Siapkan bekal dan kembangkan tikar. Selamat menikmati liburan keluarga.

Info:

Lokasi Jl. Merdeka Barat No. 12, Jakarta Pusat.
Luas Area Area Monas sangat luas, bahkan mencapai 80 Ha. Dari tahun ke tahun, Monas terus berubah menjadi taman yang kian ramah dengan lingkungan.
Jam Operasi 24 Jam untuk taman Monas. Untuk museum jam operasional 08.00 – 18.00.
Contact Person Provinsi DKI Jakarta, Jl. Kebon Sirih No.22 Blok H Lt.IX No.53, Jakarta Pusat. Telp: (021) 382 3041
HTM Masuk ke taman Monas gratis, hanya dikenakan biaya parkir. Motor : Rp 2000,-/sekali masuk & Mobil : Rp 2000,-/jam
Transportasi Kereta api KRL Express Jabodetabek, turun di stasiun gambir dan Busway turun di halte gambir.
Fasilitas Tamannya begitu luas, sehingga Anda dapat melakukan aktivitas permainan tradisional apa saja. Saat malam hari, Monas dilengkapi dengan banyak lampu hias. Taman Monas juga menyediakan Jogging track, jalan batu terapi, air mancur, lapangan futsal, lapangan basket, bangku taman, arena bermain anak, dan museum.

Informasi diatas diambil dari:

http://dtfl.klixdigital.com/taman_bermain/detil_taman/taman_monas

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s