KARANG PEGADUNG, pantai gigi hiu

Keputusan untuk menambah Karang Pegadung kedalam tujuan perjalanan adalah suatu hal yang tidak akan pernah disesali.  Karang Pegadung terletak di  pantai Pegadung kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tanggamus Lampung. Untuk menempuh tempat yang begitu indah ini dibutuhkan perjuangan yang luar biasa. Dikarenakan jalan untuk melewati pantai ini sangat terjal dan susah.

Perjalanan dilewati dengan menggunakan sepeda motor yang dikemudikan oleh para pengemudi motor yang ahli dan memakan waktu kurang lebih sekitar satu jam. Selama perjalanan tarikan nafas rasa kecemasan terdengar dari bebarapa teman perjalanan yang lain. Medan jalan yang dilewati oleh motor ini Lengkap sudah, mulai dari medan berpasir, medan berkerikil, medan berbatu sedang bahakan medan bertanah liat. Dibutuhkan keahlian untuk mengendalikan rem tangan dan rem kaki, agar ketika menurun tidak langsung melucur, dan keahlian memainkan gas ketika menanjak agar motor tidak langsung nyungsap kebawah . Ada beberapa teman perjalanan yang harus turun dari motornya, karena motor tidak bisa menanjak ketika diboncengi. Tukang ojek motornya sampai mengemudikan motor dengan setengah jongkok dan yang dibonceng duduk di tempatnya agar beban tidak bertumpu kebelakang. Ini dilakukan supaya motor masih kuat untuk mendaki.

Selama diperjalanan mata diselingi oleh pemandangan yang sangat luar biasa dan angin yang berhembus semilir. Ini merupakan track yang sangat luar biasa menantang, dan rute ini tidak akan bisa ditempuh apabila hujan membasahi bumi. Untung saja pengemudi motor yang membawaku sangat ahli, sejenak aku tersenyum dan aku tahu mengapa ketika kami akan menaiki motor, sang pengemudi lebih memilih untuk membonceng orang lain. Bobotku yang lumayan, mungkin akan menjadi tantangan baru baginya. Tapi dengan sigap kupilih juga motor yang bagus dengan pengemudi yang tanggung.

Selama diperjalanan aku berteriak sekencang-kencangnya melepaskan kengerian selama diperjalanan. Suatu ketika temanku menceletuk dengan nafas yang masih pas-pasan, “orang yang bawa motor, tapi aku yang kecapeaan”, ini dikarenakan energinya terkuras rasa kecemasan dan kengerian. Rute jalan yang masih buruk dan jelek ini malah aku lihat sebagai suatu nilai jual dari paket perjalanan menuju ke Karang Pegadung. Karena keekstriman jalur akan menjadi surga bagi yang ingin menguji adrenalin. Tapi alangkah sangat lebih aman lagi jika pihak tour melengkapi peralatan keselamatan ketika berkendara.

 Image

Di pantai karang pegadung, mata disuguhi oleh pemandangan gugusan batu karang yang berdiri kokoh bagi penyuka foto-foto landskap akan segera mengabadikan deburan ombak yang menghantamm karang bidikan demi bidikan. Mata pun tak akan lepas memandang beatapa agungnya karya Sang Pencipta. Untuk lebih merasakannya, anda harus berjalan sepanjang pesisir pantai untuk melihat gugusan bbatu karang yang berupa gigi-gigi hiu. Konon katanya, karang pegadung tak kalah eloknya dengan pantai di phie-phie island Thailand. Harus merasakan naik mendaki bebatuan karang tersebut, dan menikmati keindahan pemandangan air laut berwarna turqousise yang berbuih. Dan dentuman deburan ombak, ditambah semilir angin menjadi alunan music yang indah. Dan sepanjang mata memandang, itu adalah lautan lepas.  Keletihan dan kepenatan dijalan terlupakan sudah. Dan disinia anda akan meraskan betapa agungnya sang pencipta dengan karya-karya.

Image

Advertisements

7 comments on “KARANG PEGADUNG, pantai gigi hiu

  1. Kalo naik transportasi umum agak ribet and sulit soalnya angkot kearah sana jarang…dari stasiun di bandar lampung jalan sedikit kedepan mall ramayana, cari angkot yang kearah teluk, minta berhenti di gudang garam. Dari gudang garam kamu bisa naik angkot ke desa bawang (atau minta anter ke teluk kiluannya) dari bawang, teluk kiluan 7 kilo lagi. di teluk kiluan ini kamu bisa cari ojek yang minta antar ke karang pegadung. orang yang bawa motor ke karang pegadung benar2 harus berpengalaman karena rutenya luar biasa.

    • kemeren kak ngambil paket dengan @KiluanDolphin, 3 hari 2 malam, jadi semua biaya sudah included, mulai drai naik jukung, shaare biaya 3 orng, trekking, makan, penginapan, ke laguna, ke karang pegadung, air terjun lo^^, kalo mau kesana mendinag dengan teman2 karena, jauh,trus kalo rame, kita kan bisa dpt satu mobil.
      pokoknya seru deh disana, ngak bakalan rugi, apalagi kalo liat lumba2 dan karang pegadung, kayak kembaran phie phie island.it’s worth it to see.happy travelling

  2. mantap… Banget memang di sini,.. di PAKU juga bagus,.. Gw udah pernah ne.. dan yang terakir kemarin kita dari Teknik Geofisika Unila buat Premium ,Presentasi Mitigasi Untuk masyarakat dan buat jalur evakuasi ,.. sip dah.. mb2 mas2 yang belum kesini ,. wajib 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s